ANALISIS PENGGUNAAN TEKNOLOGI BARCODE UNTUK MENGOPTIMALKAN PROSES PICKING DI DISPATCH AREA PADA PT. PQR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan teknologi barcode dalam mengoptimalkan proses picking di dispatch area pada PT. PQR, sebuah perusahaan logistik yang berfokus pada cold chain. Dengan tantangan yang dihadapi dalam pengelolaan cold chain di Indonesia, terutama dalam menjaga kualitas produk yang mudah rusak, penelitian ini mengidentifikasi masalah yang ada, seperti kesalahan penempatan barang dan efisiensi waktu kerja yang rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi lapangan, pengumpulan data primer dan sekunder, serta analisis menggunakan gap analysis dan fishbone diagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun teknologi barcode telah diterapkan, masih terdapat kekurangan dalam pengaturan barang yang menyebabkan kesulitan dalam proses picking. Oleh karena itu, disarankan agar PT. PQR mengintegrasikan teknologi yang lebih baik, mendesain ulang tata letak gudang, dan menerapkan manajemen sumber daya manusia yang efektif untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan logistik.
Kata kunci: Teknologi Barcode, Proses Picking, Fishbone Diagram, Gap Analysis, PT. PQR
References
REFERENSI
Adriant, I., Dewi, N. K., & Lestari, T. M. (2024). Perancangan Sistem Point of Sales Pada Toko Samiaji Menggunakan VBA (Visual Basic for Application) Macro Excel. Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 2(2), 615–634. http://jurnal.kolibi.co.id/index.php/neraca
Andy Maulana, E. S. (2022). Analisis Ketidaksesuaian Status Barang Outbound di Gudang Cargo Distribution Center. Jurnal Sistem Transportasi & Logistik, Vol 2 No 2.
Ariffien, A., Adriant, I., & Nasution, J. A. (2021). Lean Six Sigma Analyst in Packing House Lembang Agriculture Incubation Center (LAIC). Journal of Physics: Conference Series, 1764(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1764/1/012043
Ariffien, A., Adriant, I., & Sinuhaji, Y. B. (2019). Optimasi Proses Distribusi Sayuran Segar Dengan Pendekatan Lean Distribution Pada PT. Bimandiri Agro Sedaya. Jurnal Manajemen Logistik dan Transportasi, 5(2), 99–109.
Budi Nur Siswanto, V. Y. R. (2018). Risiko Kontrak Pada Proses Pengadaan Langsung Di PT. Kereta Api Indonesia. Jurnal Manajemen Logistik dan Transportasi, IV, 100–118.
Erika Ramadhanty, Budi Nur Siswanto, D. H. F. (2023). Analisis Kecacatan Produksi untuk Mengurangi Produk Acat pada Aqua Kemasan 19 Liter Menggunakan Pendekatan Six Sigma (Studi Kasus: PT. Aqua Golden Mississippi).
Kumala Dewi, N., Ariffien, A., & Dwi Sparingga, E. (2023). Model Logistic Service Quality Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Dengan Menggunakan Metode Structural Equation Modelling Pada Kantor POS Kotabumi. Jurnal Informasi dan Teknologi, 5(4), 204–209. https://doi.org/10.60083/jidt.v5i4.440
Martua Sihombing, T., Surya Fernanda, R., Adriant, I., Studi Manajemen Logistik, P., & Tinggi Manajemen Logistik, S. (2023). Indah Logistik Cargo Cabang Cikarang. Jurnal Manajemen Rekayasa dan Inovasi Bisnis, 1(Februari), 82–92. https://journal.iteba.ac.id/index.php/jmrib
Muhayyaroh, N., Siswanto, B. N., & Dewi, N. K. (2023). Perancangan Sistem Penentuan Rute Dan Optimasi Biaya Pendistribusian Barang Dengan Metode Saving Matrix Dan Nearest Insertion Berbasis VBA Excel. Jurnal Pabean, 5(2), 146–159. https://doi.org/10.61141/pabean.v5i2.423
Nasirly, R. (2024). Buku Ajar Supply Chain Management. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Purnomo, F. A. (2023). Efektivitas Penggunaan Barcode Pada Sistem Pergudangan PT Multi Terminal Indonesia (Cargo Distribution Center - CDC Banda). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Vol 9 No 15, 136–141.
Sihombing, T. M., Adriant, I., & Febriyanti, F. N. (2024). Analisis Perbaikan Kualitas Produk Tahu dengan Mempertimbangkan Voice Of Customer pada Pabrik Tahu W Jombang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(10), 825–840. https://doi.org/10.5281/zenodo.11517601
Sihombing, T. M., Adriant, I., & Rahma, P. J. (2024). Analisis Kualitas Kemasan Logistik PT. Pos Indonesia Bandung untuk Meningkatkan Kepuasan Konsumen (Studi Kasus: PT. Pos Indonesia Bandung). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(10), 841.
Siswanto, B. N., Ariffien, A., & Jayakusuma, I. (2019). Sistem Routing Proses Delivery Menggunakan Simulated Annealing (Studi Kasus: PT. X). Jurnal Teknologia, 2(1), 87–104.
Tania Naya Herawati, W. S. (2024). Perancangan Usulan Perbaikan Proses Bisnis Untuk Meningkatkan Efisiensi Waktu Proses Dispatch Kargo Dengan Menggunakan Metode Business Process Improvement (BPI). e-Proceeding of Engineering, Vol. 11 No. 3, 3042.
Taqwanur. (2021). Implementasi Lean Warehousing untuk Meningkatkan KPI di PT. TXL. Journal of Research and Technology, Vol. 7 No. 2, 139–150.
Yuliawati, A. Y. U. K., & Sofia, A. (2025). Harnessing Green Strategy and Social Innovation for Competitive Edge: A Systematic Literature Network Analysis in the Pharmaceutical Industry. Jurnal Ilmiah, 20(2), 1–10.